TUGAS DAN FUNGSI PPID DESA

Lampiran II      :    Keputusan Kepala Desa Karangrejo

                               Nomor         : 24/ X /2019

                               Tanggal      : 01 Oktober 2019

                               Tentang      :

Penunjukan Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi (Ppid) Pemerintah Desa Karangrejo Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak.

 

TUGAS DAN FUNGSI

PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID) DESA

DESA KARANGREJO KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN DEMAK

 

  • ATASAN PPID 
  • a. Tugas :
  • Mengembangkan sistem pengelolaan informasi dan dokumentasi secara baik dan efisien;
  • Menetapkan dan memutakhirkan daftar informasi publik secara berkala;
  • Melakukan evalusi dan pengawasan terhadap pelaksanaan layanan informasi PPID;
  • Menetapkan Standart Prosedur Operasional layanan informasi jika dibutuhkan.
  • b. Fungsi :
  • Memberikan tanggapan atas keberatan oleh pemohon informasi yang mengajukan keberatan;
  • Mewakili didalam proses penyelesaian sengketa di Komisi Informasi.

 

  • KETUA PPID Desa
  • a. Tugas :
  • Merencanakan, mengorganisasikan dan melaksanakan mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pengelolaan dan pelayanan informasi dilingkungan Pemerintah Desa.
  • b. Fungsi
  • Penataan dan penyimpanan informasi publik dari seluruh lembaga desa dan perangkat Desa di seluruh lingkungan pemerintah Desa.
  • Pelaksanaan konsultasi informasi publik yang terrmasuk dalam kategori dikecualikan dan informasi yang terbuka untuk Publik ke PPID Kabupaten Demak;
  • Penyelesaian sengketa Informasi.

 

  • SEKRETARIAT
  • a. Tugas :
  • Merencanakan, melaksanakan mengkoordinasikan, mengkonsultasikan dan mengendalikan pengumpulan informasi dan pelayanan informasi  PPID Desa.
  • b. Fungsi :
  • Pelaksanaan koordinasi penyusunan program pengelolaan Informasi dan Dokumentasi;
  • Pelaksanaan koordinasi dalam tugas bidang bidang PPID Desa;
  • Pelaksanan koordinasi dan konsolidasi dalam rangka pengumpulan informasi dan dokumentasi;
  • Pelaksanan administrasi pelayanan informasi dan dokumentasi;
  • Pelaksanaan koordinasi dalam rangka pemberian pelayanan informasi dan dokumentasi.

 

  • BIDANG PELAYANAN INFORMASI DAN DOKUMENTASI
  • a. Tugas :
  • Menyimpan dan mendokumentasikan, menyediakan dan/atau memeberikan pelayanan informasi kepada Publik;
  • Melaksanakan koordinasi dalam rangka menyusun kajian dan diseminasi isu-isu strategis dibidang pelayanan informasi;
  • Melaksanakan sosialisasi;
  • Melaksanakan koordinasi dalam rangka pengumpulan data dan informasi sebagai bahan publikasi di bidang pelayanan informasi;
  • Menyiapkan bahan penyajian informasi
  • Menyusun topik topik pelayanan informasi.
  • b. Fungsi :
  • Pelaksanan perencanaan program dibidang pelayanan dan dokumentasi Informasi;
  • Pelaksanaan pelayanan informasi dan dokumentasi
  • Pengelolaan dan pengembangan bidang Informasi dan dokumentasi public;
  • Pengelolaan sistem informasi dan dokumentasi.;
  • Penyediaan informasi dan dokumentasi;
  • Penyimpanan dan pemeliharan dokumentasi dan informasi Publik.

 

  • BIDANG PENGOLAHAN DAN KLASIFIKASI INFORMASI
  • a. Tugas :
  • Mengolah dan memberi pelayanan konsultasi klasisfikasi Informasi dan Dokumentasi;
  • Melaksanakan pengelolaan data dan Informasi;
  • Melaksanakan Pengembangan sistem Informasi;
  • Menyusun rencana dan program pengelolaan data dan Informasi;
  • Mengumpulkan mengolah dan menyajikan data dan Informasi;
  • Melaksanakan identifikasi data dan Informasi;
  • Melaksanakan klasifikasi data dan Informasi;
  • b. Fungsi :
  • Pelaksanaan perencanaan program dibidang pengolahan data dan klasifikasi informasi;
  • Pelaksanaan konsultasi klasifikasi dan identifikasi informasi public;
  • Inventarisasi pengklasifikasian informasi dan dokumentasi;
  • Penyusunan pertimbangan tertulis atas setiap kebijakan dalam rangka memenuhi permohonan Informasi.

 

  • BIDANG FASILITASI SENGKETA INFORMASI
  • a. Tugas :
  • Melaksanakan advokasi penyelesian sengketa Informasi Publik;
  • Menyusun pertimbangan hukum terkait renana penolakan memberikan informasi publik yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Menyusun pertimbangan hukum atas keberatan yang disampaikan pemohon Informasi.;
  • Menyusun verifikasi pengaduan dan/atau sengketa informasi.
  • b. Fungsi :
  • Pelaksanaan perencanaan program bidang penyelesaian sengketa informasi;
  • Pelaksanaan Koordinasi dalam rangka penanganan penyelesian sengketa Informasi;
  • Pelaksanaan verifikasi, laporan dan rekomendasi atas pengaduan atau sengketa Informasi;
  • Pelaksanaan fasilitasi penyelesaian sengketa.

 

KEPALA DESA KARANGREJO

 

AKHMAD KUWOSO