BELKAGA Sarana Memberantas KAKI GAJAH

Pembagian obat kaki gajah

Apa itu Penyakit KAKI GAJAH ?

Penyakit Kaki gajah/Filariasis adalah penyakit menular menahun yang disebabkan oleh cacing filarial yang merusak sistim limfatik sehingga menimbulkan pembengkakan pada tangan, kaki, payudara dan skrotum. Penyakit ini selain menimbuklan cacat seumur hidup juga stigma sosial bagi penderita dan keluarganya.

Penyakit yang disebabkan oleh berbagai jenis nyamuk yang mengandung larva atau bahasa latinnya microfilariasis masih mengancam masyarakat modern yang menguasai teknologi untuk melakukan pencegahan dan pemberantasan penyakit tersebut.

Filariasis merupakan penyakit yang mengenai saluran kelenjar limfa (getah bening).

Penyakit tersebut dapat menyerang semua golongan umur dan dapat menimbulkan kecacatan menetap, stigma sosial, hambatan psikologis, sumber daya manusia (SDM) menurun dan kerugian ekonomi.
Baca juga Hati-Hati Terjangkit Filariasis

Gejala klinis filariasis pada tahap awal (akut), yakni demam berulang lebih dari satu sampai dua kali setiap bulan bila bekerja berat, tetapi dapat sembuh tanpa diobati dan timbul benjolan dan terasa nyeri pada lipatan paha atau ketiak tanpa ada luka, terjadi pembengkakan pada kaki, tangan, skrotum, dan sebagainya.

.
Berikut ini Panflet kegiatan Bulan Eliminasi Kaki Gajah(BELKAGA)

Penyakit kaki gajah atau disebut lain dengan filariasis limfatik yang merupakan penyakit yang masih terjadi di beberapa wilayah indonesia. kaki gajah adlah penyakit yang disebabkan oleh cacing filaria yang kemudian ditularkan melalui gigitan nyamuk sebagai vektor.  Penyakit kaki gajah menyerang pada sistem limfatik sehingga menyebabkan organ tubuh penderitanya mengalami pembengkakan.

Pembengkakan yang umum dijumpai di indonesia adalah pada bagian kaki, walaupun sebenarnya penyakit ini bisa menyerang bagian tubuh yang lain. seperti lengan, alat kelamin, dan payudara, namun umum menyerang pada kaki.

Dalam hal ini desa karangrejo kecamatan wonosalam kabupaten demak mengadakan pemberian obat cacing atau obat kaki gajah yang diberikan secara berkala setiap setahun sekali di bulan oktober, sehingga bulan oktober di tetapkan sebagai bulan belkaga. dalam pemberian obat tersebut semua warga di arahkan untuk datang ke posyandu terdekat. dan tak lupa peran aktif para kader yang selalu siap dalam menegakkan kesehatan desa.

 

penulis. yUni wIdya

Editorial Zaens

About Karangrejo Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak 88 Articles
Maju bersama pembangunan Desa karangrejo

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan